News Update :

Translate

Monday, December 3, 2012

Kidal Adalah Kelebihan

Saya adalah Manusia bertangan Kidal dan saya bangga dengan itu, dengan tangan kiri saya, saya pun bisa sukses meraih gelar sarjana di Universitas Negeri di Sulawesi Selatan, dengan tangan kiri saya banyak karya yang telah saya buat. jadi hentikan diskriminasi kepada orang kidal. karena kidal adalah suatu kelebihan.

Saya ingat sewaktu kecil saya pernah menangis saat ibu saya memaksa saya menulis dengan tangan kanan. Guru-guru saya pun sering memukul tangan saya saat saya menulis dengan tangan kiri, dan meminta saya untuk menulis dengan tangan kanan. Segala nasihat telah diberikan kepada saya agar saya mengganti menggunakan tangan kanan. "Tangan kanan itu lebih baik dari tangan kiri", kata mereka. Saya yang masih kecil pun menjawab "Jika tangan kanan lebih baik daripada tangan kiri, kenapa Allah menciptakan tangan kiri? Mengapa tidak diciptakan saja kedua tangan adalah tangan kanan?" . Saya yakin saat itu mereka yang mendengar pasti terkejut dan mungkin tak mampu menjawab pertanyaan saya.


Mitos tangan kanan lebih baik dari tangan kiri memang sudah ada sejak jaman dahulu, dikala manusia masih menyembah matahari. Sebagian besar pemuja matahari hidup di bagian utara bumi dan menghadap ke selatan saat melakukan pemujaan matahari. Karena itulah, mereka melihat matahari terlihat bergerak dari kiri ke kanan. Karena matahari bergerak ke kanan, manusia jaman dulu melihat semua yang berhubungan dengan kanan sebagai "baik" dan semua yang berhubungan dengan kiri adalah "buruk"

Kebiasaan berjabat tangan dengan tangan kanan pun berasal dari jaman medieval. Saat 2 orang bertemu, mereka akan memegang tangan mereka dengan tangan kanan. Hal ini menunjukkan niat baik mereka karena senjata yang biasa digunakan di tangan kanan tidak mereka pegang karena harus berjabatan tangan. Kidal tidak bisa dipercaya karena mereka bisa berjabatan tangan dengan tangan kanannya dan memegang pedang di belakangnya dengan tangan kirinya.

Keburukan tentang kidal juga bisa terlihat dari banyak bahasa. Misalnya dalam bahasa Latin, kata untuk kiri adalah "sinister" yang dalam bahasa Inggris berarti "jahat / pendosa". Dalam bahasa prancis, kata untuk kiri adalah "Gauche" yang dalam bahasa Inggris nya berarti "lemah". Kata kiri (left) untuk bahasa Inggris pun berasal dari Inggris kuno yang artinya lemah.

Saat ini, masyarakat, agama, dan kebudayaan tidak lagi menganggap left handedness / ke-kidal-an seperti jaman dulu. Hal ini malah menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan. Saya seorang kidal, dan walaupun itu kadang-kadang menyulitkan, saya menyukainya. Jika anda bertangan kiri, maka saya dan kamu adalah bagian dari 10-12% dari populasi manusia di muka bumi ini yang bertangan kiri :)

Ada hal-hal yang menjadi tidak menguntungkan buat orang kidal, antara lain :
1. Pen dan pensil

saat seorang kidal menulis dengan pen atau pensilnya, jejak tangannya akan mengotori tulisan yang telah ditulis karena tinta atau pensil yang tidak kering sempurna saat menulis.
2. Gunting

Banyak orang yang bertangan kidal akan kesulitan saat menggunakan gunting (yang banyak dipasaran adalah gunting untuk orang yang bertangan kanan). Menggunakan jenis gunting yang salah dapat menimbulkan RSI dan carpal tunnel syndrome (semacam penyakit gitu deh...gak jelas juga kayak apa penyakitnya). Oleh karena itu disarankan untuk membeli gunting yang khusus untuk kidal.
3. Bermain kartu

Dalam permainan kartu, saat pemain kidal memegang kartunya di tangan kanan, nomor dan gambar kartu tidak bisa terlihat. Kadang-kadang mereka harus memutar balikkan kartu mereka, atau membeli left handed deck yang memang dibuat untuk yang bertangan kidal.
4. Kursi sekolah

Banyak sekolah yang menggunakan kursi dengan meja yang menempel di kursinya. Kursi ini biasanya meletakkan meja di sebelah kanan, supaya kita dapat meletakkan tangan kanan kita saat menulis. Bagi yang bertangan kiri, tangan mereka akan menggantung dan hanya berada di ujung meja saat menulis. Hal ini sangat menyakitkan. Akhirnya orang yang kidal pun harus sedikit memutar badannya agar mendapatkan posisi yang cukup nyaman untuk menulis, walaupun bukan posisi yang nyaman untuk duduk. Kursi khusus untuk kidal sangatlah sulit untuk didapat. Institut Penelitian Penggunaan Tangan di Amerika menyarankan sekolah-sekolah untuk menyiapkan beberapa kursi khusus untuk tangan kiri sebanyak 10% dari jumlah kursi di kelas. Untuk meja dan kursi yang terpisah pun, seorang kidal harus duduk di sebelah paling kiri agar tangannya tidak tersenggol dengan tangan teman disebelahnya saat menulis.
5. Peralatan lainnya

Banyak peralatan lain yang sulit untuk digunakan oleh orang yang kidal, karena memang sebagian besar alat-alat tersebut memang dibuat untuk orang pada umumnya. Saya ingat ketika ingin membeli mesin gambar untuk yang bertangan kidal, harganya lebih mahal 2x lipat dari harga mesin gambar untuk yang bertangan kanan. Mouse yang sederhana pun kebanyakan di desain untuk orang yang bertangan kanan (lihat dari lekukan pegangan mouse). Gitar dibuat untuk orang bertangan kanan, dengan chord di tangan kiri dan melody di tangan kanan. Memetik gitar dengan tangan kanan buat orang yang bertangan kiri sangatlah sulit. Piano pun begitu, chord berada di sebelah kiri dan melody di kanan. Saat kita memainkan piano, memang kedua tangan aktif, tapi yang paling banyak adalah tangan kanan. Saya ingat pada saat saya SMP saya pernah dimarah oleh guru seni saya karena saya memegang suling dengan cara yang terbalik. Dengan perasaan marah dan kecewa pada guru saya, saya pun berkata "Yang penting tangan saya atau suara yang keluar dari suling saya, bu?"

Ok...itu yang tidak menguntungkan....bagaimana dengan yang menguntungkan?
1. Bisa membaca terbalik dari kanan ke kiri atau terbaik.
Ok lah... memang hal ini tidak begitu penting dan berguna. Tapi ini keren!! Pada umumnya, orang yang bertangan kiri lebih mudah menulis (atau setidaknya membaca) dari kanan ke kiri atau terbalik. Kanan ke kiri adalah arah yang natural bagi orang yang kidal. Leonardo Da Vinci pun seorang yang senang menulis dengan huruf yang dibalikkan dan berputar arah.
2. Kreatifitas
Orang yang bertangan kidal biasanya didominasi oleh otak kanan, yang berhubungan dengan musik, seni, persepsi, emosi, dan hal-hal yang berhubungan dengan yang abstak.
3. Mengemudi kendaraan
Di negara yang arah lalu lintas nya di sebelah kanan (Amerika, Kanada, dsb), orang kidal lebih mudah untuk membayar atau mengambil tiket toll karena posisi pos nya berada di sebelah kiri. Di negara yang lalu lintasnya di sebelah kiri (Inggris, Australia, Indonesia, dsb) orang yang bertangan kanan memang lebih diuntungkan, tapi yang bertangan kiri pun tidak merasa kesulitan karena keuntungan ke-4 :)
4. Kemampuan beradaptasi
Karena dunia yang didominasi oleh produk-produk untuk orang yang bertangan kanan, orang yang bertangan kiri lebih mudah beradaptasi dengan daripada orang bertangan kanan beradaptasi dengan produk tangan kiri. Misalnya, saat saya menggunakan mouse dengan tangan kiri tapi terletak di tangan kanan, teman saya suka protes karena menurut dia posisi itu menyakitkan dia ^^; (Kok jadi dia yang sakit ya ^^;). Padahal buat saya itu adalah hal yang biasa :)
5. Menjadi berbeda!!!
Bukankah keren menjadi sesuatu yang berbeda? Hehehehehehehe....

10 comments:

  1. Memang tangan kanan lebih baik dari tangan kiri,, tetapi Allah menciptakan tangan kiri untuk mendampingi tangan kanan. :D

    ReplyDelete
  2. semua di ciptakan berdampingan. kesimpulan yg menarik. tapi menurutku kanan di katakan lebih baik itu hanya krna kebiasaan dan adat yg sudah mendarah daging. yg slalu mendefinisikan sisi kiri itu buruk, buktix sudah banyak orang kidal itu sukses contohx saya. hahahahaha. :)

    ReplyDelete
  3. Walau kidal Yang penting gk Cacat. .

    ReplyDelete
  4. @ipanker: betul skali, yg perlu di pahami kidal bukan cacat. tapi kecenderungan menggunakan tangan kiri utk beraktivitas. yg di mulai dari kebiasaan waktu kecil. jadi intix kidal dan kanan sama saja. smua punya potensi utk maju menjadi yg terbaik.

    ReplyDelete
  5. Sy bisa nulis pke tangan kiri dan kanan tpi tulisan tgn kiri sy tdk sebagus yg kanan
    krn di sekolah lbih bnyk menggunakan tgn kanan
    memang sdkit tdk adil untuk tgn kiri hehehe

    ReplyDelete
  6. Dulu saya juga minder jadi orang kidal, tapi kini saya tahu banyak orang genius itu kidal, dan orang kidal banyak yang sukses.
    sekarang saya bangga dengan kidal ini.
    semoga saya bisa sukses juga seperti anda dan orang kidal lainnya.

    ReplyDelete
  7. Saya kidal bro.
    Jago ngegambar
    jago ngegame
    jago maen gitar pdahal kidal
    jago cari alasan bro.
    POKOKNYA KIDAL SESUATU YANG DIFFERENT.

    ReplyDelete
  8. Dear Pak Ikhwan,
    saya suka artikel ini...:)
    terima kasih karena sudah berbagi...
    kalau saya boleh tahu, di Indonesia ini apakah sudah ada toko yang menjual alat-alat tulis untuk pengguna tangan kiri? sejauh pengalaman saya berkeliaran di toko ATK, ATK seperti itu belum ada...mungkin Bapak punya info nya?
    terima kasih banyak sebelumnya...
    your info will be very helpful...

    ReplyDelete
  9. Pak Ikhwan,terima kasih untuk artikelnya...kalau boleh tahu, apakah di Indonesia sudah ada toko ATK yang menyediakan ATK untuk pengguna tangan kiri?
    terima kasih sekali lagi telah mau berbagi...:)

    ReplyDelete
  10. @dinna: iya kita harus bangga dong, dilahirkan sebagai orang yg spesial. maka jadikan tokoh2 lefthanders sebagai inspirasi utk sukses :)

    @ndanda grace: maaf baru balas baru buka blog lagi.. kalau sy dulu sering pesan online di http://facebook.com/leftyhandy.inquiry
    smoga bermanfaat. salam kidal.

    ReplyDelete

Pengikut